Iklan

Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia

Sekrip Kita - Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 ada dengan kemampuan penuh. Di dukung mesin serta transmisi baru, ia siap jadi ancaman serius untuk Toyota Fortuner. Berikut hasil test drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia.

Peluang untuk tes drive langsung Mitsubishi Pajero Sport baru datang beruntun. Bila terlebih dulu kami sudah tes unit Pajero Sport Exceed 4x2 A/T, saat ini waktunya untuk menjajal ketangguhan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T.


Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia


Bicara penampilan, Pajero Sport Dakar telah di desain lebih menawan bila di banding type Exceed. Tercermin dari mulai sorot lampu utama yang memakai proyektor dan dilengkapi DRL LED. Jenis ini dapat mengaplikasi design pelek tidak sama dan ban lebih lebar yaitu 265/60 R18.

Sementara untuk meredam laju mobil di ke empat ban telah tertanam rem cakram. Tidak hanya eksterior, ketidaksamaan lain juga tersaji di interiornya.


Masuk ke kabin kami disambut jok kulit warna hitam yang telah dilengkapi penyusunan elektronis. Cukup mempermudah dalam sesuaikan posisi duduk mengingat design dasbor mobil ini yang cukup tinggi.

Lingkar kemudi juga telah terbungkus kulit dengan audio steering yang komplit. Tidak lupa paddle-shift dibalik kemudi yang memberi keasyikan berkendara Pajero Sport ini waktu memakai model manual.

Material plastik masih membungkus dasbor dan panel pintu. Tetapi dikemas seimbang bergaya futuristis walau aksen kayu di dalam dasbor serta ruang persneling jadi sedikit mengganggu keseluruhnya rencana.

Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia


Di jenis ini dapat kami dapat memperoleh MID yang lebih informatif lantaran telah meliputi info kecepatan rata-rata. Sebagian kemudahan berikut yang memang absen di Pajero Sport Exceed.

Meskipun begitu, poin-poin diatas bukanlah keunggulan paling utama dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar saat ini. Amunisi sebenarnya ada dibalik kap mesin.


Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia

Ya, Pajero Sport Dakar memakai mesin baru berkode 4N15. Unit berkapasitas 2. 442 cc 4-silinder dengan turbodiesel serta intercooler ini mampu memuntahkan tenaga semakin besar yaitu 181 dk dan torsi melimpah hingga 430 Nm.


Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia


Naik signi kan di banding Pajero Sport Exceed yang masih memercayakan mesin lawas dengan keluaran tenaga 136 dk dan torsi 324 Nm.

Mesin baru itu juga telah terhubung ke transmisi automatis 8-percepatan. Terobosan penting yang harusnya dapat cukup meningkatkan performa mobil ini.

Melaju di rute dalam kota, kami terbatas dengan tak ada pilihan model berkendara. Hal semacam ini pasti tidak sama dengan rivalnya Toyota Fortuner yang telah menyuguhkan 3 model berkendara Normal, Eco dan Sport.

Tetapi, tanpa model Eco itu kami cukup terbantu dengan perpindahan gigi naik yang merasa halus walau ada sedikit entakan waktu downshift. Gabungan gigi 1 4, 845 serta final gear 3, 692 masih cukup responsif menyiasati jalan raya kota yang stop and go.

Test Drive Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T di Indonesia

Akhirnya Anda tak perlu mencapai pedal gas sangat dalam, mesin akan mengatur posisi gigi yang cocok. Bahkan juga dengan kecepatan rata-rata 23 km/jam, mobil ini dapat mencatat mengkonsumsi BBM seirit 12 km/l di rute dalam kota.

Catatan itu memanglah lebih hemat di banding type Exceed yang mencatat 9, 8 km/l. Tetapi ia sedikit boros 0, 2 km/l dari Fortuner VRZ 4x2 A/T yang dapat mencapai mengkonsumsi BBM 12, 2 km/l di rute yang sama.

Sesaat di rute tol, Pajero Sport Dakar yang 25 kg lebih berat di banding type Exceed dapat membukukan mengkonsumsi BBM 14, 8 km/l. Tidak jelek walau di banding Fortuner 4x2 ia kalah hemat lantaran rivalnya itu cetak 16, 4 km/l untuk rute tol.



Tetapi Pajero Sport Dakar 4x2 A/T langsung membalasnya waktu uji akselerasi. Dapat dibuktikan untuk menuntaskan 0-100 km/jam, mobil ini dapat menguncinya cuma dalam 10, 3 detik. Lebih cepat 2, 5 detik di banding Fortuner VRZ 4x2 yang membutuhkan 12, 8 detik untuk parameter yang sama.

Impresi berkendara mobil ini sama jauh dengan Pajero Sport Exceed. Melaju cepat di tikungan, kami masih tetap rasakan gejala limbung. Namun untuk ukuran Big SUV, ia telah masuk hitungan stabil.

Hebatnya, bantingan suspensi mobil ini tetap terasa cukup empuk. Sedikit permasalahan adalah posisi pilar A yang nyaris membentuk sudut 45 derajat. Hal semacam ini cukup mengganggu visibilitas ke arah serong kanan.(test. autobild.co. id)

Artikel Terkait: