Iklan

Ini Alasan Logis Saat Anda Lebih Memilih Asuransi Mobil TLO Dari All Risk

Sekrip Kita - Sempatkah Anda merasa bingung saat akan memilih type asuransi mobil...? Atau Anda penasaran perbedaan asuransi all risk dengan asuransi total lost only (TLO)?

Simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Type Asuransi Total Lost Only (TLO)

Total Lost Only (TLO) adalah type asuransi yang di kenal dalam asuransi kendaraan. Asuransi total lost only (TLO) yaitu type pertanggungan asuransi kendaraan yang menanggung kerugian bila kendaraan alami kecelakaan dengan kerusakaan diatas 75% seperti kendaraan terbakar, hilang akibat dicuri, dan perampasan dipaksa.

Ini Alasan Logis Saat Anda Lebih Memilih Asuransi Mobil TLO Dari All Risk

Berikut Perbedaan Jenis Asuransi Mobil All Risk dengan Asuransi TLO!


1. Pembayaran Klaim

Kedua type asuransi mobil ini mempunyai perbedaan dalam pembayaran klaim. Type asuransi mobil all risk akan membayar klaim untuk semua type kerusakan, dari mulai rusaknya ringan, rusak berat, sampai kehilangan. Berbeda dengan TLO, perusahaan asuransi cuma menjamin kerugian bila kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakaan diatas 75%. Perbedaan dalam soal harga, asuransi mobil all risk mempunyai pembiayaan lebih mahal dari pada TLO.

2. Perbedaan Masalah Premi

Asuransi all risk mempunyai premi yang relatif lebih mahal dibanding asuransi TLO. Ini lantaran asuransi mobil all risk yang meliputi pembayaran klaim untuk semua type kerusakan hingga lumrah bila preminya pun lebih mahal sementara asuransi TLO mempunyai premi yang relatif lebih murah.

3. Perlindungan Kendaraan

Asuransi all risk membuat perlindungan kendaraan Anda jika menabrak kendaraan orang lain, atau dalam arti asuransi dimaksud Third Party Liability (TPL) yang dapat juga masuk dalam kelompok lingkup tanggungan asuransi ini sedang pada asuransi TLO tak demikian.

Bisakah Polis Asuransi All Risk dan TLO Digabungkan?

Mungkin saja Anda masih kebingungan untuk memperhitungkan akan pilih asuransi mobil type apa. Tak perlu bingung lagi, Anda dapat mengombinasikan pada asuransi mobil all risk dengan asuransi TLO. Umpamanya saja, bila mobil yang akan diasuransikan baru saja keluar showroom, Anda dapat membeli polis asuransi all risk di tahun pertama dan kedua.



Kemudian, Anda bisa mengasuransikan mobil Anda dengan membeli polis asuransi TLO di tahun ketiga sampai tahun berikutnya. Ini karena permasalahan keuangan berbanding dengan resiko kerusakan jadi pertimbangan penting.

Mobil baru tentunya akan memerlukan biaya relatif lebih tinggi, meskipun rusaknya yang terjadi cuma kerusakan kecil. Waktu umur mobil makin tua, Anda mungkin saja bisa berpindah ke asuransi TLO dengan pertimbangan tertentu.

Alasan Logis Memilih Asuransi TLO


1. Asuransi TLO Membuat Lebih Berhati-hati Berkendara

Asuransi all risk yang membayar klaim untuk semua type kerusakan, dari mulai rusaknya ringan, rusak berat, sampai kehilangan membuat orang seringkali memengaruhi pola pikir tidak hati-hati dan berkesan menggampangkan resiko. Demikian sebaliknya, bila Anda mempunyai asuransi TLO, Anda otomatis akan berpikir untuk hati-hati dikarenakan resiko yang dihadapi itu belum pasti dijamin oleh asuransi.

2. Asuransi TLO Membuat Lebih Berhemat

Asuransi TLO juga membuat kita lebih berhemat. Ini karena premi dari type asuransi mobil ini lebih murah dengan cukup sekali klaim saja saat menanggung derita kerugian akibat kendaraan hilang atau rusak kronis. Beda dengan asuransi all risk yang mensyaratkan premi mahal karena kita mengklaimnya berkali-kali. Biasanya mengajukan klaim ini membuat biaya operasional pihak asuransi membengkak serta itu dibebankan pada nasabah.



Argumen logis memilih asuransi TLO diatas memang sering jadi pertimbangan masyarakat dalam pilih jenis asuransi mobil. Jadi, bagaimana dengan pilihan Anda? Apakah Anda telah memantapkan pilihan jenis asuransi mobil Anda?

Artikel Terkait: