Iklan

Jokowi Undang Tokoh Inspirasi, Ubah Tradisi 17 Agustus

Sekrip Kita - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memulai tradisi baru dalam upacara peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini. Selain prosesi pengarakan bendera pusaka dari Monas sampai Istana Merdeka, tamu yang diundang juga lebih bermacam pada tahun ini.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala menyampaikan, mulai tahun ini Jokowi bakal mengundang sosok sebagai inspirasi pembangunan masyarakat dalam upacara 17 Agustus nanti.

Jokowi Undang Tokoh Inspirasi, Ubah Tradisi 17 Agustus

Tetapi, tradisi yang tetap dipertahankan yaitu pembagian tamu yang terdiri dari 70 % rakyat dan 30 % petinggi.

" Dulu pernah dengar tidak ada yang namanya Suster Apung? Dia itu pahlawan, namun tidak pernah kita ketahui. Walau sebenarnya orang seperti itu perlu kita hormati, " jelas Djumala di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

" Pernah dengar tidak seorang mahasiswa hukum UI? Dulu dia sekolah menyelesaikan paket A, B dan C, lalu masuk UI. Sesudah masuk UI, dia mengadakan pelatihan sekolah paket A, B dan C. Dia membuat sekolah itu dan banyak yang sukses. Ini menunjukkan kalau dia jadi inspirator untuk bangun pendidikan dari grassroot. Ini yang bagus, orang seperti gini sudah kami inventarisir, " sambungnya.

Baca juga : Bukan Soekarno, Juga Bukan Megawati, Ternyata Ini Sosok yang Menjadi Inspirasi Presiden Jokowi!!

Djumala memprediksi ada sekira seratus orang inspirator pembangunan yang akan jadi tamu dalam upacara. Diluar itu, Jokowi juga mengundang beberapa intelektual mudah, yaitu pemenang olimpiade dari berbagai bidang.

" Dulu ada lomba riset karya ilmiah. Saat ini bertanya, dimana anak-anak itu? Anak-anak itu pinter toh? Saat ini dimana sih anak-anak itu? Dimana tanggung jawab negara? Dengan kita mengundang mereka minimum kita ketahui, ooh dia sekolah di sini, di sini, lalu nanti dialog bersama Presiden, siapa tahu pemerintah miliki program untuk mereka-mereka itu. Itu sebagai juara-juara olimpiade matematika dan science, mereka ini telah kami inventarisir, " kata dia.(news.okezone.com)

Artikel Terkait: