Iklan

Serai Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan Tradisional, Begini Cara Mengolahnya

Sekrip Kita - Serai (cymbopogon citratus), di kenal juga dengan nama sereh, adalah satu diantara type tanaman dari suku rumput-rumputan yang mempunyai banyak manfaat selain berguna untuk kesehatan manusia, serai juga umum dipakai sebagai bahan penambahan untuk bumbu dapur.

Bahkan juga, serai bisa juga digunakan untuk mengusir nyamuk atau semacam serangga yang lain. Tanaman ini menyebar luas dihampir semua lokasi Asia Tenggara, terlebih di Indonesia dan Filipina, karena termasuk juga tumbuhan tropis. Sebutan Internasional untuk serai yaitu lemon grass atau oil grass. Tanaman serai bisa di proses menjadi minyak yang dimaksud atsiri dan mempunyai sangat banyak manfaat untuk kesehatan.


Serai Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Pengobatan Tradisional, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat

Manfaat serai untuk kesehatan manusia diantaranya untuk meredakan rasa nyeri saat haid dan meredakan munculnya rasa mual untuk wanita, menguatkan dan tingkatkan fungsi sistemsaraf, menghangatkan dan melemaskan otot, meredakan kejang-kejang, menyembuhkan infeksi kulit, menyingkirkan jerawat, dan menyingkirkan bau badan tidak sedap.

Serai dapat juga mengobati penyakit tipus, keracunan makanan, menghindar penyakit kanker, menyembuhkan masalah pencernaan, sakit perut, masuk angin, kurangi gas dari usus, obat diare, turunkan tekanan darah dan merangsang aliran darah, untuk detoksifikasi badan, memperingan semua type peradangan seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan sebagainya.




Olahan

Selain untuk mengobati berbagai penyakit dan sebagai bahan penambahan bumbu dapur untuk mengharumkan masakan, serai dapat juga di proses jadi minuman yang beri kesegaran sekaligus menyehatkan. Salah satunya adalah minuman wedang serai.
Di bawah ini bahan dan langkah membuatnya :

Bahan :
  • 3 batang serai
  • 1000 cc air matang
  • 200 gr gula pasir

Langkah Membuat
  1. Cuci serai sampai bersih, lalu ikat dengan simpul.
  2. Rebus air sampai mendidih, selanjutnya masukan serai yang sudah di ikat.
  3. Bila aroma serai telah tercium harum, masukan gula pasir.
  4. Aduk-aduk sampai gula larut.
  5. Angkat dan dinginkan sejenak
  6. Wedang serai yang hangat, nikmat, dan sehat, siap untuk diseruput.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Artikel Terkait: