Iklan

Mana Yang Keren, 5 Mobil Dinas Presiden RI dari Zaman Soekarno Hingga Jokowi

Sekrip Kita - Setiap petinggi baik di daerah ataupun negara, tentu mempunyai mobil dinasnya sendiri. Mobil dinas pemimpin negara, umumnya disebut mobil kepresidenan. Diambil dari laman Wikipedia, mobil kepresidenan Indonesia yaitu mobil yang difungsikan oleh presiden atau pemimpin suatu negara. 


 Tiap-tiap pemimpin negara biasanya mempunyai kendaraan dinas yang dipakai untuk keperluannya baik untuk kegiatan resmi, penyambutan tamu negara atau kegiatan-kegiatannya. 

Mobil presiden Indonesia 1 yang membawa Presiden RI Joko Widodo yang melintasi jalan RW Monginsidi, Kupang Nusa Tenggara Timur tiba di Siloam Hospitals dalam kunjungannya pada acara peresmian Rumah Sakit Umum Siloam yang diresmikan oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Sabtu (20/12/2014). (POS KUPANG/ENOLD AMARAYA) 

Kendaraan yang digunakan biasanya memenuhi standard tehnis seperti handal, tangguh, dan aman serta layak (dari segi kenyamanan) meskipun tingkatan yang dimilikinya tidak sama satu-sama lain tergantung kemampuan satu negara. 

Nyaris setiap kepala negara di semua dunia mempunyai mobil dinas sendiri. Di Indonesia, mobil kepresidenan sejak jaman Soekarno sampai Joko Widodo selalu mengalami perubahan bersamaan perubahan zaman. 
1. Buick-8 

2. Mercedes-Benz 500SEL Limousine Tahun 1987 

3. Mercedes-Benz S600 Tahun 1994 

4. Mercedes-Benz S600L Tahun 2008

5. Mercedez-Benz S600 Pullman Guard 

Artikel Terkait: