Iklan

Kini di Singapura ada Taxy Tanpa Sopir, Gratis lagi

Sekrip Kita - Mobil dan taksi tanpa sopir jadi trend baru sekarang ini. Banyak perusahaan terlihat mencoba mengambil kesempatan dengan melakukan langkah-langkah maju, sampai fase percobaan. 

Seperti dikabarkan, Jumat (26/8/2016), di Singapura, Anda saat ini mulai dapat menumpang taksi tanpa sopir. Layanan ini juga tanpa dipungut biaya, sepanjang masa uji coba. 

Tetapi, dalam masa uji coba, pastinya masih ada sopir di depan untuk menggantikan kemudi bila ada beberapa hal diluar perkiraan.

Kini di Singapura ada Taxy Tanpa Sopir, Gratis lagi


Perusahaan itu yaitu nuTonomy, perusahaan rintisan pengembang perangkat lunak untuk mobil tanpa sopir yang ada di Amerika Serikat. 

Perusahaan itu didirikan pada 2013 oleh dua peneliti MIT yang khusus menekuni di bagian robotik dan tehnologi tanpa pengemudi. 

Perusahaan ini memiliki kantor-kantor tidak hanya di AS namun juga di Singapura. 

Awal tahun ini, nuTonomy jadi perusahaan pertama yang memperoleh izin dari pemerintah Singapura untuk menguji mobil tanpa pengemudi di satu daerah kecil di negara itu. 

Tetapi, karena nuTonomy bukanlah produsen mobil, jadi kendaraan-kendaraan yang digunakan bukanlah kendaraan yang 'futuristik dan mengkilap'. 

Kendaraan yang digunakan yaitu mobil-mobil kecil merk Renault dan kendaraan elektrik Mitsubishi yang sudah dilengkapi dengan perangkat lunak dan kamera dari nuTonomy. 

Uji-coba taksi baru ini terbagi dalam enam armada, masing-masing dilengkapi system rumit menggunakan laser yang beroperasi seperti radar untuk memantau areal di sekitar mobil. 

Tentu, dengan diberi tambahan beberapa kamera yang terhubung dengan perangkat lunak. 

Taksi-taksi ini akan berjalan di daerah yang cuma seluas empat kilometer persegi dibagian barat Singapura. 

Juga, ada tempat penjemputan dan penurunan penumpang yang telah diputuskan. Jadi penumpang tak bisa naik dan turun semau mereka. 

Uji coba ini juga bukan untuk setiap orang. Anda mesti mendaftar dulu. Selama ini hanya beberapa orang yang mendaftar program itu. 

Perusahaan itu menyampaikan mereka merencanakan untuk memperluas layanan pada beberapa ribu orang sepanjang beberapa bulan ke depan. 

Mengapa Singapura? 

Singapura di kenal sebagai 'surga taksi'. Sebab, mempunyai mobil di negeri itu termasuk mahal dan banyak orang lalu memakai taksi untuk keperluan keseharian. 

Biaya taksi termasuk murah dan permintaan pemesanan taksi juga senantiasa besar. Diluar itu, kondisi jalan raya di semua negeri itu termasuk disiplin dan teratur. 

Atas pertimbangan itu, nuTonomy pilih Singapura. 

Tujuan mereka bukan hanya menyelesaikan ujicoba, namun juga mengembangkannya jadi armada taksi yang betul-betul tanpa sopir di Singapura pada 2018.

Via : http://internasional.kompas.com/read/2016/08/26/15294361/taksi.tanpa.sopir.di.singapura.gratis

Artikel Terkait: