Iklan

Kisah Sedih Pak Marmin yang Jadi Bisu dan Tubuhnya Menghitam, Penyebabnya Mengejutkan

Sekrip Kita - Banyak pihak yang gencar sekali menegakkan larangan merokok, terlebih di sarana umum, Sebab, ditempat umum mungkin saja orang yang tidak merokok atau perokok pasif dapat terkena resikonya.

Terlebih apabila ada wanita yang tengah mengandung atau orang yang alami penyakit pernapasan, semakin lebih beresiko dampaknya untu kesehatan mereka, Banyak yang mengatakan bila perokok pasif malah lebih beresiko terkena efeknya di banding dengan perokok aktif.
 
Kisah Sedih Pak Marmin yang Jadi Bisu dan Tubuhnya Menghitam, Penyebabnya Mengejutkan


Pernyataan itu nyatanya dapat dibuktikan.

Seseorang yang memiliki account Facebook, Samuel Sormin membagikan postingan photo seseorang pria yang sudah melakukan operasi, Dalam photo itu, di beri info dan dijelaskan bila pria itu bernama Marmin.

Pria yang mengenakan peci putih itu sudah melakukan operasi di tenggorokannya, Ia alami tumor pita suara yang dikarenakan oleh sering terkena asap rokok. Di lehernya ada perban putih, serta tampak satu selang putih yang menonjol keluar dari tenggorokannya.

Yang menyedihkan, ia sendiri adalah perokok pasif, tetapi sering terkena asap rokok beberapa temannya. Tersebut cerita lengkap Marmin yang terkena tumor pita suara sesudah dan melakukan operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Lampung.

" Pesan Pak Marmin, pasien RSCM dari Lampung, teman sekamar dirumah singgah RSCM, sudah 2 bulan rawat inap, dan 2 bulan jg dirumah singgah RSCM utk kontrol.

 
Kisah Sedih Pak Marmin yang Jadi Bisu dan Tubuhnya Menghitam, Penyebabnya Mengejutkan

Pak Marmin bekerja di bengkel, dianya sih ngak merokok, namun teman2 nya selalu merokok.

Pada akhirnya pak Marmin yang terkena tumor pita suara lantaran jadi perokok pasif, ngisap asap rokok teman2 nya. Pita suara diangkat, tenggorokan sama saluran kehidung diangkat semuanya, itu operasinya sampai 1/2 leher disayat (di bedah) semua loh.

Hidung ngak ada gunanya lagi, jadi bisu. Nafas? ya itu, pakai selang yg lobang nya warna putih di leher. Kontrol radiasi itu semua leher disinari, panas, hingga hitam, pak Marmin nya ajacerita sembari ekspresi nyeri sakit.

BACA JUGA :




Dengan gerak gerik mulut, sama tangan, dibantu terjemahan sama anak nya, pak Marmin pesan sebelumnya pisah dirumah singgah, " DE, JAUHI ROKOK YA, ASAP ROKOK JAUHI, FOTO SAJA BAPAK! TUNJUKIN SAMA TEMAN2 NYA, BIAR JANGAN MEROKOK LAGI. "

Kesimpulan :

- Dengan cara pertemanan, ngak mungkin lah putus pergaulan karna kawan rokok. Namun sama-sama toleransi lah, soalnya semakin besar potensi perokok pasif terkena kanker/tumor dari pada perokok aktif. Kurangi atau hentikanlah rokok.

- Jauh lah semboyan " hancur untuk kawan " seperti lagu " Anak Medan " gara2 rokok, pengecualian lah itu.

Unggahan photo perokok pasif ini dikomentari netizen yang lain.

Kebanyakan dari mereka ingin membagikan lagi postingan ini, supaya dapat di baca oleh pengguna Facebook yang lain. Postingan ini sudah 20. 771 kali dibagikan dan memperoleh 60 suka, Sebarkan, karena itu permintaan beliau., ". (tribunnews)

Artikel Terkait: