Iklan

Pendaftaran CPNS Dibuka Agustus, Cek Persyaratan dan Formasinya. Ada 81 Ribu Kuota! Cek sebelum kehabisan guys


Berita gembira untuk anda yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS. Agustus ini dapat di buka kuota untuk 81 ribu orang. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) membuka 81 ribu lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di 2016. Proses seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbagai bidang ini gagasannya diawali pada Agustus 2016. 

Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi usai menghadiri acara Rakornas Kepegawaian 2016 mengungkap, formasi keperluan PNS yang disodorkan Kementerian/Instansi meraih 150 ribu orang. Tetapi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) cuma menyanggupi 81 ribu orang untuk jatah penerimaan CPNS 2016 karena beragam alasan. 

“PNS yang pensiun tahun ini keseluruhan 120 ribu orang. Lalu kebutuhan dari semua instansi mencapai 150 ribu orang. Namun maksimum yang di setujui Kemenkeu untuk penerimaan PNS 81 ribu orang, jadi tak dipenuhi semuanya lantaran argumen moratorium, keterbatasan anggaran, dan cuma untuk program prioritas Nawa Cita, ” tutur Yuddy. 

Pemerintah memprioritaskan penerimaan CPNS untuk putra putri terbaik di sekolah ikatan dinas pemerintah sejumlah 11 ribu orang. Setelah itu keperluan penerimaan CPNS di bagian kesehatan, seperti dokter, perawat dan bidan meraih 43 ribu orang. 

Adapula penerimaan CPNS guru yang menyandang gelar Sarjana dan ada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai 3. 000 orang, dan pengangkatan guru honorer jadi PNS di garis depan sekitar 2. 000 orang. 

“Sisanya 22 ribu kursi penerimaan CPNS akan dibagi-bagi untuk instansi atau bagian yang begitu memerlukan, seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian. Pak Amran (Menteri Pertanian) telah minta 18 ribu orang, juga Kemenkumham minta 21 ribu orang, namun kita terima usulannya separuh dahulu, ” terangnya. 

Sebanyak 22 ribu jatah penerimaan CPNS itu, termasuk juga untuk kuota pelamar umum untuk semua bagian. “Untuk pelamar umum, kita akan buka perekrutan CPNS sekitaran 10 ribu orang, termasuk juga di dalamnya untuk penerimaan mahasiswa berprestasi yang memperoleh jatah 10 % dari kuota pelamar umum, ” Yuddy menjelaskan. 

Baca juga : 
Jokowi Tepati Janji, Dunia Kagum! Rupiah Terkuat Se – Asia Keokkan USA
Heboh!!! Remaja Mabuk Dengan Air Rebusan Pembalut

Walau di buka untuk semua jurusan, pemerintah tetap mengutamakan perekrutan CPNS pelamar umum pada sebagian bidang atau program studi yang sesuai dengan program Nawa Cita. Salah satunya ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan yang lain. 

Yuddy mengakui terdapat banyak prasyarat yang diputuskan untuk pelamar umum mendaftar seleksi CPNS 2016. Syarat pertama, sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang terakreditasi A. Syarat ke-2, dia mengaku, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cum laude 3, 75. 

Dia berharap, proses rekrutmen CPNS dapat dikerjakan pada Agustus 2016, sesudah di bulan sebelumnya mulai diumumkan pembukaan seleksi CPNS 2016. “Jadi nanti diakhir tahun, tepatnya Oktober atau November sudah tahapan di terima, ” tuturnya. 

Demikian mudah-mudahan info ini berguna. Silahkan bagikan kabar baik ini pada yang lain. (http :// postshare. co. id /)

Artikel Terkait: