Iklan

5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Sekrip Kita - Tanggal 17 Agustus 1945 adalah waktu yang sakral untuk bangsa Indonesia. Pada hari itu, Presiden RI pertama, Soekarno, memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia tepat pada jam 10. 00 WIB. Tetapi, apakah kamu tahu apa yang sesungguhnya terjadi ketika proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia itu? 

Berdasar pada penelusuran Sekrip kita, yang di lansir dari Citizen6, di bawah ini lima kenyataan unik tentang Proklamasi 17 Agustus 1945. 

1. Soekarno sedang Sakit 

5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
Presiden pertama RI itu terkena gejala malaria tertiana. Suhu tubuhnya sesudah begadang menyusun naskah proklamasi bersama rekanan seperjuangan yang lain dirumah Laksamana Maeda. Sesudah proklamasi selesai, Soekarno kembali pada kamar tidurnya karena ia masih meriang. 

2. Bendera Merah Putih Dari Seprai 

5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik IndonesiaWarna putih dari bendera pusaka terbuat dari kain seprai tempat tidur serta warna merahnya dari kain tenda penjual soto yang ditebus dengan harga 500 sen oleh Ibu Fatmawati. 


3. Naskah Asli Proklamasi Ditemukan Di Tempat Sampah 

5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik IndonesiaNaskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tak pernah disimpan oleh pemerintah. Naskah itu justru disimpan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan naskah Proklamasi itu ada ditempat sampah rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dinihari. 


4. Negatif Film Photo Kemerdekaan Disimpan Di Bawah Pohon Berkat Kebohongan 
5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Waktu tentara Jepang ingin merampas negatif photo yang mengabadikan proklamasi kemerdekaan, Frans Mendoer, fotografer proklamasi berbohong pada tentara Jepang itu. Mendoer mengatakan tidak miliki photo negatif itu dan telah diserahkan pada Barisan Pelopor. Selanjutnya, tentara Jepang marah besar. Walau sebenarnya, negatif film itu ditanam dibawah sebuah pohon di halaman kantor harian Asia Raja. 

5. Upacara Proklamasi Di buat Sangat Sederhana 
5 Fakta Sakral Di Balik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Tiang bendera di buat dari batang bambu secara kasar dan ditanam beberapa menit sebelum upacara dimulai. Konon tuturnya, katrol tiang bendera di buat dari gelas bekas sahur Moh. Hatta. 


Artikel Terkait: