Iklan

5 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan

SEKRIP KITA - Tenggorokan Anda sakit? Meskipun rasa sakit ini sering kali memberikan indikasi ada penyakit lain seperti flu, demam, radang amandel, atau pembengkakan kelenjar, Anda tak harus langsung mengonsumsi obat-obatan. Anda dapat mempercepat pengobatan dengan beberapa bahan penyembuhan alami seperti kunyit, lemon atau minyak kelapa. 
5 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan

Penyakit yang mengakibatkan gangguan menelan ini biasanya dikarenakan oleh infeksi bakteri atau virus, iritasi pada membran mucus tenggorokan akibat debu, asap, pasta gigi atau infeksi gusi, batuk kronis, dan bicara keras untuk periode waktu yang lama. Jangan biarkan rasa sakit berlarut-larut, berikut sebagian pengobatan alami yang dapat Anda coba : 

1. Berkumur dengan kunyit dan air garam 

Campur 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam kedalam satu gelas air hangat. 

2. Minum Jus lemon tanpa gula 

Campur 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) kedalam satu gelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali satu hari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan). 

Langkah tersebut dipercaya bisa meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cairan ini akan membersihkan lambung dan menentramkan usus. Lemon kaya vitamin C dan mineral-mineral yang lain yang bersifat alkali. Jangan kuatir dengan rasa asamnya. Berlawanan dengan keyakinan umum, lemon tidak tingkatkan kandungan asam, bahkan juga mengobati kadar asam berlebih. 

Saat mencapai lambung, efek alkalinya akan meredakan asam berlebih. Lemon ini akan lebih bermanfaat bila dikonsumsi waktu lambung dalam keadan kosong. Jauhi minum lemon sesudah makan karena justru dapat meningkatkan asam lambung. 

3. Oleskan minyak kelapa 

Minyak kelapa adalah antimikroba alami. Minyak ini dapat membunuh semua type organisme patogen bila dikonsumsi atau dioles-oleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa lalu pijatkan ke badan sekali atau 2 x satu hari. Selain itu, dapat juga dipakai saat memasak. Minyak kelapa adalah sumber energi untuk tubuh. 

4. Hindari gula dan semua makanan olahan 

Gula akan melemahkan system kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Karena itu, sebaiknya dijauhi. Makanan olahan yang memiliki kandungan karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang beresiko untuk kesehatan juga memiliki efek yang sama. Jadi, sebaiknya hindari keduanya. 

5. Percepat pemulihan dengan lemon dan jus sayur 

Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mengolah makanan. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula. Dengan begitu tubuh dapat menyimpan energi semakin banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Tipe diet puasa seperti ini akan mempercepat Penyembuhan. 

Semoga bermanfat.

Artikel Terkait: